Salah satu makanan pokok Jawa Barat adalah daging dan sayuran olahan. : DownloadLagu321

Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah beras.

 

Jika kita berbicara tentang apakah salah satu makanan khas Jawa Barat menyerupai   seluruh wilayah di Indonesia, itu mungkin tidak salah. Mungkin alasannya karena daerah tersebut masih tergolong pulau Jawa, di mana dekat dengan Ibu Kota Negara, bahkan tergolong masih merupakan wilayah yang luas.

 

Jawa Barat sendiri memiliki ibu kota yaitu Kabupaten Bandung, di mana terkenal sebagai surga bagi budaya Sunda. Bahkan, sering digunakan sebagai tur terbaik jika Anda ingin mendapatkan banyak pengalaman perjalanan. Tak hanya bisa menikmati alam, tapi anda juga bisa menikmati kuliner khas Jawa Barat yang lezat.

 

Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah beras.

 

Yang pertama adalah beras lengko yang berasal dari daerah Cirebon dan Indramayu, namun kini dikenal di luar daerah. Sediaan ini memiliki keunikan utama pada lauk pauk, yaitu tahu tempe dan tauge. Untuk membuatnya lebih segar dan lebih stabil, harus ditambahkan mentimun atau bawang goreng.

 

Hal ini sangat berbeda dengan salah satu makanan pokok khas Jawa Barat yang  merupakan  nasi liwet yang paling cocok sebagai menu kelompok. Kita bisa melihat berbagai lauk pauk, mulai dari tahu tempe, ikan teri cabai. Meski dimakan dalam jumlah banyak, tetap enak karena nasinya dibuat dengan campuran santan.

 

Apalagi ada beras timbel yang kurang lebih menyerupai liwet dalam hal rasa atau karakteristik. Namun bedanya di sini harus dibungkus dengan daun pisang saat diolah. Penggunaan daun pisang ternyata sangat bermanfaat dalam membuat rasa dan rasa lebih enak, apalagi tampilannya yang semakin membaik.

 

Rasa atau aroma daun pisang justru dapat meningkatkan nafsu makan kita sehingga acara makan selalu terasa nikmat. Bahkan menu nasi timbel ini ternyata menggugah selera meski hanya disantap dengan ikan asin dan sambal sederhana. Sehingga cocok menjadi menu ekonomi belanja karena harganya terjangkau namun lezat.

 

Masih dalam bentuk beras, salah satu makanan khas Jawa Barat yang terakhir adalah nasi oncom dan berasal dari kota Tasikmalaya. Pengolahan tersebut sudah ditemukan di restoran khas Jawa Barat sehingga tidak sulit untuk mencobanya. Saat memesan menu ini bisa mendapatkan lauk pauk atau ikan asin atau gorengan.

 

Makanan karbohidrat manis  untuk energi ekstra

 

Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah peuyeum, mungkin juga tidak salah karena disebut buah terbaik setelah berkunjung ke sana. Peuyeum sendiri berasal dari singkong dan beras ketan kemudian difermentasi. Peuyeum sangat disukai karena rasanya sangat manis dan tetap terasa enak meskipun makan banyak pada saat yang bersamaan.

 

Apalagi ada galendo yang terbuat dari tepung kelapa dan asalnya sebenarnya dari Caimis County. Produksi galendo sendiri diawali dengan banyaknya limbah yang dibuang dalam produksi minyak kelapa ekspor. Karena dibuang begitu saja, akhirnya dimasak sebagai menu baru ditambah campuran gula atau cokelat dan ternyata enak dikonsumsi.

 

Anda tidak boleh melewatkannya, Anda harus mencoba surabi, yang sebenarnya di banyak wilayah Jawa lainnya juga memiliki menu ini. Namun bedanya, ada topping yang menarik untuk dipilih, bukan hanya kelapa atau cokelat. Bahkan surabi yang dijual di restoran dan kafe memiliki lapisan yang lebih unik.

 

Gemblong juga merupakan salah satu persiapan terbaik dari Jawa Barat, terutama jika Anda menginginkan permen. Gemblong ini dibuat dengan tepung beras yang dibuat menjadi tepung terlebih dahulu. Selain itu, akan digoreng sampai agak kecoklatan dan rasanya enak karena ditambahkan gula aren. Rasanya akan berbeda dengan camilan manis lainnya.

 

Hidangan manis terakhir yang disiapkan adalah odading belakangan ini, sebenarnya cukup populer karena viral. Ada seorang content creator yang tidak sengaja membuat video viral sehingga namanya menjadi semakin terkenal selama ini. Odading sendiri terbuat dari tepung terigu lalu digoreng dan ditambahkan pemanis.

 

Salah satu makanan pokok Jawa Barat adalah daging dan sayuran olahan.

 

Jika sudah memesan nasi, maka disarankan untuk menambahkan lauk Sunda terbaik seperti sate maranggi dari Ciamis. Sate ini benar-benar dilengkapi dengan keunikan karena menggunakan daging kerbau sebagai bahan sate. Sebelum dibakar, sate maranggi juga akan menjalani pengasinan menggunakan bumbu kuning khusus terlebih dahulu.

 

Selain nasi, daging atau tepung, sayuran harus selalu ada di menu khas masyarakat Sunda. Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah  sayuran, misalnya karedok dan perlu diingat bahwa menu ini bukan gado-gado. Karedok dilengkapi dengan sayuran segar ditambah bumbu kacang dan kerupuk terbaik untuk membuatnya lezat.

 

Hal ini cukup berbeda dengan olahan sayuran lainnya yaitu lotek dimana harus direbus terlebih dahulu agar cenderung mudah dikunyah. Karena sausnya sangat lezat, rasanya lebih enak sebagai lauk untuk nasi dan kue beras. Tak hanya itu, mie rebus pun akan nikmat dikonsumsi dengan lotek, plus kerupuk.

 

Salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah tidak selalu harus pedas atau digoreng. Hal ini membuktikan bahwa anda tidak perlu takut dengan konsumsi makanan Sunda yang monoton, namun anda bisa memilih versi yang sehat. Jadi, saat memesan sayuran, kandungan nutrisinya lebih seimbang.

 

Prosedur yang diusulkan selanjutnya adalah kupat tahu dengan penambahan sayuran. Mungkin sudah terkenal karena di provinsi lain juga ada makanan seperti ini. Tetapi perbedaannya di sini adalah Anda memilih sendiri apakah Anda ingin memasak atau masih memiliki sayuran segar. Plus, itu dapat menentukan sendiri seberapa pedas saus tahu sayuran itu.

 

Mie Olahan dan Soto Kaya Soah

 

Jawa Barat juga memiliki banyak menu kuah seperti soto emas. Soto ini sendiri benar-benar unik karena kuning tidak putih atau bening. Apalagi dilengkapi dengan campuran resep Sunda dan cenderung fleksibel di mana Anda bisa menggunakan daging atau daging sapi.

 

Bukti salah satu makanan pokok khas Jawa Barat adalah soto  lainnya   , terbukti dengan adanya menu soto Bandung. Soto ini sendiri memang memiliki keunggulan menggunakan daging yang ditelan. Apalagi ditambah kuahnya yang kental rasanya seperti kaldu sapi. Sesuai judulnya, soto sebenarnya berasal dari Bandung.

 

Selain menggunakan kaldu kental, ada kekhasan lain dari penggunaan lobak. Sayuran ini bisa membuat sup lebih segar namun tidak kehilangan identitasnya. Apalagi jika anda menambahkan lemon flush pasti akan membuat Soto Bandung terasa jauh lebih segar.

 

Selanjutnya ada mie soto, yang merupakan rekomendasi lain untuk disiapkan dalam bentuk soto. Tidak menutup kemungkinan menu ini juga disajikan di provinsi lain namun di sini perbedaannya adalah versi Sunda menggunakan kaldu yang lebih kental. Selain itu, ditambahkan dengan tauge dan dimakan pedas lezat.

 

Terakhir, ada saran untuk mie kocok dengan cita rasa khas kaldu sapi yang lezat dan dilengkapi dengan mie tipis. Keunikan menggunakan kaldu kental tidak boleh dilupakan saat memasak mie kocok. Selain itu, ada potongan kikil ekstra untuk membuatnya lebih stabil, terutama jika ditambahkan dengan saus cabai rawit super pedas.

 

Banyaknya jenis produk olahan sendiri disebabkan oleh adanya cukup banyak kota atau kabupaten di provinsi ini. Ada juga pengaruh dari provinsi atau negara lain yang membuat kategori berbeda. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa salah satu makanan khas Jawa Barat adalah nasi, singkong, mie, sayuran hingga gorengan.

Read More :